Minggu, 31 Januari 2016

PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA (SOFTSKILL) Surat Proposal Ebook Selling .inc

Tugas Softskill 4 Pengantar Bisnis Informatika 
Nama : Muhammad Renaldi Ramadhyanto
NPM : 55412046
Kelas : 4IA22
Mata Kuliah : Pengantar Bisnis Informatika
Dosen : Ibu Rina Noviana

I. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Seiring perkembangan waktu serta semakin pesatnya perkembangan teknologi dan informasi serta kurangnya minat dan perhatian para pemuda terhadap minat baca semakin menurun serta menghawatirkan. Mereka semakin sibuk dengan media social yang semakin hari semakin canggih serta pengaruh lingkungan yang terbawa di kehidupan sehari-hari. Masuk nya budaya barat ke Negara Indonesia ini juga membuat banyak anak muda sekarang yang pola hidup nya menjadi seperti kebarat-barat an. Bahkan jika kita perhatikan banyak anak zaman sekarang yang jika pergi ke sekolah jarang membawa buku. Hal ini sangat memprihatinkan jika kita lihat anak zaman dahulu yang setiap pergi ke sekolah membawa buku pelajaran yang harus mereka bawa. Mungkin jika kita mendengar alasan mereka tidak membawa buku karena berat namun jika kita pikir sangat tidak logis. Sebeb tugas mereka sebagai anak berpelajar wajib membawa buku pelajaran serta wajib membaca isi dari buku yang akan mereka pelajari. Sangat miris sekali kita melihat pemuda pemuda yang kita banggakan jika dia tidak rajin membaca. Karena membaca itu ilmunya dunia.
Melihat kondisi serta fakta yang kita saksikan sekarang ini maka pantas kiranya kita memberikan perhatian lebih terhadap permasalahan tersebut  dan ini lah yang yang menjadi latar belakang kami sebagai mahasiswa untuk membuat suatu buku berbentuk digital yang lebih dikenal dengan nama “E-book” yang bisa mereka baca tanpa tanpa harus mereka bawa ke mana mana dan tidak berat namun hanya perlu di download saja.
1. Manfaat Usaha
a. Manfaat Ekonomi
Penjualan ebook ini cukup menjanjikan, karna keuntungan yang didapat cukup besar. Karena Proses publikasi yang murah dan mudah untuk disebarluaskan karena bisa melalui media website, email atau kelas maya.
b. Manfaat Sosial
1) Bagi Pemilik
Dengan melihat peluang ini, diharapkan penjualan ebook ini dapat banyak peminatnya. Penjualann ebook ini cukup menjanjikan bagi kita, karna saat ini hampir semua orang mengenal internet sehingga kita dapat memasarkannya ke pengguna internet tersebut. Keuntungan yang dapat diperoleh oleh pemilik usaha yaitu dapat menjadikan sebagai pengalaman dalam berbisnis. Serta dapat menjadi pembelajaran dalam menjalankan bisnis-bisnis yang lain yang lebih besar. Pembelajaran yang diperoleh seperti bagaimana cara melayani konsumen.
2) Bagi Masyarakat
Dengan adanya penjualan ebook ini diharapkan dapat menjadi alternative bagi masyarakat untuk dalam hal mencari ilmu.
2. Rumusan Masalah
a) Bagaimana tips untuk memasarkan ebook dengan budget yang sekecil mungkin.
b) Bagaimana cara mengantisipasi persaingan usaha bisnis yang semakin ketat saat ini.
c) Bagaimana caranya agar kita bisa meraih kesuksesan dalam berbisnis penjualan ebook ini.
3. Profil Organisasi
Nama Usaha: Ebook Selling .inc
Jenis Usaha: Online
Alamat: Kalimalang
Pemilik: Kelompok 1
4. Visi, misi dan tujuan
a. Visi
Menciptakan sebuah usaha yang unggul dengan kualitas yang terbaik.
b. Misi
• Memberikan kualitas yang terbaik.
• Memberikan pelayanan yang terbaik
c. Tujuan Usaha
• Memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.
• Menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan kewirausahaan dalam melakukan kegiatan usaha.
5. Produk
Berbagai macam format buku digital/buku elektronik yang dibuat oleh penulis dan penerbit memiliki banyak format. Dibawah ini adalah contoh
a) .azw
b) .azw3
c) .pdf
d) .prc
e) .mobi
f) .epub
g) .rtf
Dengan memiliki berbagai macam format tersebut maka masyarakat dapat memilih format yang mereka inginkan sesuai dengan keinginan mereka masing-masing.
B. Analisis SWOT
Adapun analisis SWOT terhadap bisnis ini adalah sebagai berikut:
Faktor internal.
a . Strengths (Kekuatan)
• Tidak dapat rusak, karena data disimpan dalam bentuk file.
• Mengurangi biaya perawatan yang mahal.
• Memiliki sifat portable, karena bisa dibaca menggunakan perangkat elektronik portable (tablet komputer, smartphone).
• Tidak memakan tempat, karena disimpan dalam bentuk file, tidak seperti model buku konvensional yang harus dicetak pada sebuah media kertas
b. Weakness (Kelemahan)
• Membutuhkan suatu perangkat lunak untuk membukanya, baik komputer atau alat lainnya. Sehingga kita membutuhkan waktu yang cukup lama hanya untuk membukanya, sedangkan buku biasa dapat langsung kita buka dan tutup sesuka hati• Tidak semua format e-book memiliki sekuriti yang baik. Misal format txt, sangat rentan terkena virus atau dijebol sekuritinya. Sedangkan pdf sudah memiliki sekuriti yang baik. Tetapi secanggih apapun format sekuriti e-book, karena digital, e-book tetap bisa dibongkar terutama oleh para hacker.
2. Faktor eksternal
a. Opportunities (Peluang / kesempatan)
• Banyaknya masyarakat yang sudah menggunakan internet.
• Tidak membutuhkan modal yang besar
b. Threats (Ancaman)
Persaingan dalam menjalankan usaha ini pun cukup banyak. Dan apabila pelayanan dan kualitas yang kita berikan kepada konsumen kurang memuaskan, maka konsumenpun akan merasa kecewa, sehingga usaha ini akan terancam bangkrut. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka kami dalam menjalankan usaha ini akan selalu memberikan pelayanan dan kualitas produk yang terbaik kepada semua konsumen kami. Kualitas produk yang baik dan pelayanan yang terbaik menjadi prioritas utama kami dalam menjalankan usaha ini.
C. Analisis Pasar dan Pemasaran
Analisis Pasar dan Pemasaran usaha ebook selling kelompok kami yaitu:
Target Pasar
Usaha ini mempunyai target pasar untuk siswa siswi SMP/SMA atau mahasiswa/i yang sedang membutuhkan buku pelajaran atau buku pengetahuan yg lebih luas tanpa harus datang ke toko buku langsung dapat menggunakan ebook selling yang kami tawarkan.
Pesaing
Terdapat banyak pesaing dari usaha ini, akan tetapi di sinilah kreatifitas kita bagaimana cara kita menarik konsumen agar dapat membeli produk kita tanpa membuat pesaing kita merasa tidak senang dengan tindakan kita. Namun kekeluargaan harus tetap selalu terjaga antara pesaing dan menciptakan persaingan yang sehat tanpa menjatuhkan pesaing. Dengan cara mentaati peraturan dan undang-undang pasar yang telah di tetapkan.
Sasaran Pembeli
Dalam menjalankan usaha ini sasaran pembeli kami yaitu mencakup semua kalangan masyarakat, baik kalangan bawah, kalangan menengah dan kalangan atas. Dari semua kalangan tersebut sebagian besar mampu untuk membeli produk yang kami tawarkan, karna harga yang kami berikanpun cukup terjangkau untuk semua kalangan. Harga yang kami berikan yaitu mulai dari Rp30.000 sampai dengan Rp500.000.

D. Strategi Pemasaran
Adapun strategi pemasaran yang dapat kami lakukan adalah:
Dari mulut ke mulut
Promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi ini. Cukup dengan bercerita dengan teman-teman kita atau keluarga untuk mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung semua konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha kita. Dan apabila usaha kita sudah diketahui dan disukai, maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang lain untuk membeli roti bakar di tempat kita.
Dengan media Internet
Selain promosi dari mulut ke mulut, maka promosi juga dapat dilakukan dengan menggunakan media internet, seperti dapat melalui facebook, twitter, blog,dll. Karna sebagian besar masyarakat telah menggunakan media internet, sehingga masyarakat dapat mengetahui usaha kita,
Pengembangan Pasar
Selain melakukan berbagai strategi pemasaran produk seperti diatas, kami juga mempromisikan usaha kami ini dengan cara membuat tampilan pada ebook selling ini lebih menarik dan lebih mudah untuk diakses oleh konsumen.
Pengembangan Produk
Pengembangan produk dari usaha ini dapat menambahkan rasa yang mungkin tidak ada di pesaing lain, seperti rasa durian dengan harga yang terjangkau, yang memberikan nilai lebih dimata para konsumen. Sehingga jangkauan pasar mililiki semakin luas, dan tingkat loyalitas konsumen pun setiap harinya kian meningkat.

Langkah-langkah promisi
Untuk menarik minat konsumen agar membeli produk yang kami tawarkan kami mempunyai cara-cara tertentu, adapun cara tersebut yaitu:
• Pada malam minggu kami akan memberikan potongan harga kepada konsumen yang membeli buku, maka akan kami berikan diskon sebesar 10% untuk semua jenis buku.
• Apabila konsumen membeli buku diatas 4 buah, maka kami akan menetapkan semua harga yang mereka pesan dengan harga yang paling rendah yaitu Rp25.000,-
• Selain itu, apabila konsumen membeli buku diatas 8 buah, maka kami akan menetapkan semua harga yang mereka pesan dengan harga yang paling rendah yaitu Rp25.000,- dan memberikan gratis satu 1 buah buku.
E. Analisis Operasional
Adapun rencana produksi yang dijalankan ialah sebagai berikut:
Desain produk
Desain produk yang diusahakan ialah kami membuatnya dengan semenarik mungkin agar pelanggan tidak bosan dengan tampilan ebook selling yang itu-itu saja.
Tempat usaha
Tempat usaha yang kami rintis ialah dipinggir jalan-jalan utama yang ramai dilalui orang, agar konsumen dapat dengan mudah mengakses tempat usaha kami, selain itu di alun-alun juga memungkinkan kami untuk membuka usaha ebook selling ini. Tentu juga dengan menggunakan basis web dan aplikasi seperti di android dan iOS
Pengawasan kualitas
Dalam mengontrol kualitas produk dari usaha kami ini agar dapat dikonsumsi oleh konsumen dengan baik dan aman, maka kami melakukan pengecekan setiap hari terhadap kualitas maupun kuantita dari buku-buku yang ada. Agar para konsumen tidak mendapatkan produk yang tak layak jual.
F. Analisis aspek finansial
1. Harga
Adapun ebook yang kami tawarkan memiliki harga yang bervariasi tergantung dari ebook yang diinginkan oleh konsumen, karna macam-macam dari ebook tersebut tidak sama. Adapun daftar harga yang kami tetapkan adalah sebagai berikut:
Ebook IT Rp. 200.000
Ebook Akuntansi Rp. 150.000
Ebook Manajemen Rp. 170.000
Ebook Elektro Rp. 250.000
c. Modal awal
Domain : Rp 65.000 / Tahun
Web Hosting : Rp 700.000 / Tahun
TOTAL UNTUK MODAL AWAL
Rp 765.000
G. Metode Pelaksanaan Program
Metode pengumpulan data
Metode pengumpulan yang dilakukan ialah dengan mencatat segala jenis aktifitas dan kendala-kendala apa saja yang dapat menghambat kelancaran usaha ebook selling ini. Kritik dan saran dari pelanggan akan sangat mendukung kemajuan usaha ini.
Sosialisasi kepada masyarakat
Percobaan demi percobaan kami lakukan demi mendapatkan rasa simpatik terhadap usaha ini dari masyarakat dengan membuat sebuah taman baca di hari seperti car free day ataupun terdapat festival festival buku.
Penjualan atau pemasaran produk
Penjualan dilakukan setelah selesai segala aktifitas kuliah, bisanya dilakukan dari sore hingga malam hari,
Pembagian hasil kerja
Usaha Ebook Selling .inc (ES) merupakan usaha bersama yang kami rintis yang menggunakan modal awal dengan cara patungan, maka dari itu keuntungan juga kami bagi rata.
H. PENUTUP
Demikianlah proposal penjualan ini kami buat. Semoga proposal ini dapat diterima dan dapat bermanfaat bagi kita semua. Tidak lupa kami mengucap syukur kepada Tuhan YME karena atas segala Rahmat dan Hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan proposal bisnis kami. Dan tidak lupa pula kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu dalam pembuatan proposal ini.
Semoga proposal ini dapat diterima oleh semua pihak karena proposal ini merupakan tahap awal kami dalam memulai usaha penjualan ebook ini. Dengan selesainya proposal bisnis ini, kami berharap dapat segera mewujudkan usaha bisnis yang telah kami rencanakan ini. Segala saran dan kritik yang membangun sangatlah kami harapkan dari semua pihak, karena kami menyadari bahwa proposal kami masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga saja dapat menjadi acuan atau pelajaran bagi kami semua untuk dapat menjadi lebih baik lagi dihari esok. Atas segala waktu dan perhatiannya kami mengucapkan terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar